VIRUS CORONA, MENGUKUR PENGARUH EKONOMI CHINA TERHADAP INDONESIA DAN GLOBAL

0
22

Dampak Virus Corona di Wuhan China berimbas ke berbagai sektor Indonesia menjadi salah satu negara yang tedampak dari segi Ekonomi baik Mikro maupun Makro.

Segi Mikronya harga semabko di pasar” Tradisional meningkat drastis sampai pertengahan bulan ini (Data, saya sendiri langsung survey ke ps tradisional Jatinegara Jaktim). Untuk yang Makro banyak Investasi yang terunda atau bahkan gagal masuk ke Indonesia (Liputan6). Selain itu dampak di sektor Pariwisata juga sangat dirasakan di Indonesia, adanya pembatasan wisatawan asal Tiongkok membuat pendapatan negara di sektor pariwisata berkurang (Detik)

Menarik untuk dikaji seberapa besar ketergantungan Dunia khususnya Indonesia terhadap China. Perlu diketahui pada tahun 2003 China meyumbang 4% PDB Dunia, saat ini China memiliki 16% dari Output Global (Kompas).

Baca :  BEM RI dukung penuh UU KPK

Ekonomi indonesia saat hanya tumbuh 5,02% (CNBC), dan menurut Menko Perekonomian akbiat Virus Corona bisa menekan Ekonomi RI sebesar 0.29% tentu sangatlah besar dampaknya. Selain itu urusan logistik juga sangat dirasakn karena pembatasan Impor dan Ekspor ke negara Tiongkok.

Sejauh ini Virus Corona sudah menginfeksi sebanyak 37.580 orang, yang sudah dinyatakan sembuh 2792 orang dan data sementara yang meninggal dunia 813 dengan warga China sendiri sebanyak 811 orang dan sisanya 2 orang dari luar negara itu.

Industri kesehatan juga berlomba-lomba melakukan penelitian terkait Virus Corona, namun saat ini sudah ada kabar baik dimana sudah ditemukan obat untuk virus Corona tinggal menunggu hasil uji klinis, seperti yang disamapikan Kepala Staf Medis Gilead, Merdad Parsey. Kehebatan China membangun rumah sakit Khusus Corona dalam waktu 10 hari juga patut diapresiasi Dunia.

Baca :  DIDUGA BERBOHONG SOAL DATA BUMN, FORMAN MINTA MENTERI BUMN DICOPOT

Dapat disimpulkan bahwa pengaruh China terhadap Indonesia cukup besar di sisi Perekonomian begitu juga terhadap Ekonomi Global saat ini.

Wiryawan, 10/02/2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here