Peduli Warga Terdampak Covid-19, Komunitas TYCM di Lutim Open Donasi

0
27

Lutim, Suratkabarnews.com – Merebaknya wabah Covid-19 atau virus Corona di Indonesia setiap saat mengalami peningkatan. Khusunya di Provinsi Sulawesi Selatan, wabah ini menyasar sejumlah daerah.

Dengan hadirnya virus baru ini, bukan saja membahayakan nyawa manusia. Tapi virus ini juga berefek pada kondisi sosial dan ekonomi.

Untuk mencegah penyebaran virus Corona, berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti meminta warga tetap di rumah dan menjaga jarak (social distancing).

Melihat kondisi tersebut, sejumlah pemuda dan pemudi di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Provinsi Sulawesi Selatan membentuk suatu komunitas sosial yang bernama Towuti Youth Charity Movement (TYCM).

Komunitas kecil ini dibentuk untuk melakukan penggalangan dana demi membatu dan mengurangi beban warga yang terdampak Covid-19.

Baca :  Cegah Virus Corona, Relawan YGBI dan INI Gowa Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Towuti Youth Charity Movement diprakarsai oleh Andi Ryan Saputra, yang merupakan mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar angkatan 2015.

Menurut ARS  akronim namanya, banyak warga di Luwu Timur yang merasakan dampak Covid-19 ini, apalagi para pekerja harian dan keluarga miskin. Untuk itu, ia bersama rekannya mendirikan suatu komunitas sosial agar sumber daya pemuda bisa dimanfaatkan.

Apalagi saat ini, kata dia, bertepatan dengan bulan ramadhan tentu menjadi hal yang tak diinginkan semua orang.

“Sulitnya berkumpul bersama teman, silaturahmi dan sulit untuk membeli baju lebaran,” ucapnya.

Baca :  Direktur RSUD Kota Bogor Apresiasi Kritik Konstrutif Aktifis SEMMI dan PERISAI Terkait Revitalisasi Gedung RSUD Kota Bogor

Ia pun menilai, bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah belum dirasakan dampaknya kepada masyarakat yang berhak menerima.

“Dengan adanya gerakan ini, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, dan terciptanya gerakan-gerakan baru dari kami,” tuturnya.

“Gerakan ini kami harapkan muncul semangat kepedulian antar sesama dan semangat gotong royong bisa kita bangun,” tambahnya ARS.

Untuk itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat dari berbagai profesi untuk bisa saling membantu.

“Kami dari dari komunitas Towuti Youth Charity Movement mengajak semua pihak agar bisa menyalurkan bantuannya kepada saudara-saudara kita yang terdampak,” ajaknya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here